inimahsumedang.com |
Sebagai makhluk sosial, kita kerap kali dihadapkan masalah
dalam melakukan interaksi kepada orang lain, atau dapat dikatakan melakukan
proses komunikasi. Harapan kita untuk menyampaikan informasi, melakukan ajakan,
atau memberikan perintah kepada orang lain terkadang disalah artikan dan bahkan
tidak tersampaikan dengan baik. Alhasil terjadi lah yang kita kenal dengan
istilah “miss komunikasi”, yang ujungnya adalah tidak tercapainya tujuan
komunikasi kita.
david-pranata.com |
Oleh karenanya, pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai
komunikasi efektif agar masalah tersebut dapat dikurangi
Sebelumnya kita perlu tau dulu tentang dasar-dasar dari
komunikasi.
Yang pertama, apa sebenarnya yang dimaksud dengan komunikasi.
Komunikasi menurut KBBI adalah pengiriman dan penerimaan
pesan atau berita antara 2 orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat
dipahami.
Menurut para ahli:
- Everett, komunikasi yaitu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
- Rogers, Komunikasi adalah proses dimana dua atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya saling mengerti.
- Shannon, komunikasi merupakan bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, baik disengaja maupun tidak.
Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses interaksi antara 2 orang atau lebih untuk menyampaikan suatu pesan
Jika diberi tambahan kata efektif yang berarti memberi efek
atau memberi hasil yang diinginkan, maka,
komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan pesan yang dapat dimengerti kedua belah pihak yang saling berkomunikasi, kemudian pesan dapat menjadi informasi, memberikan petunjuk, maupun berupa perintah untuk dilaksanakan sesuai dengan tujuan pesan tersebut.
Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif, perlu
diketahui faktor dan unsur yang mempengaruhi komunikasi, sehingga kita dapat
menyesuaikan cara kita untuk memulai komunikasi dengan orang lain.
Faktor yang mempengaruhi komunikasi:
- Latar belakang budaya
lautanilmu77.blogspot.com |
Budaya atau kebiasaan dari pelaku
komunikasi menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Jika antara
pemberi pesan dan penerima pesan memiliki latar belakang budaya yang sama, maka
mereka akan lebih mudah untuk saling mengerti terhadap pesan yang disampaikan.
Hal ini dapat terjadi karena pola pikir seseorang dalam menginterpretasi suatu
pesan dapat terbentuk dari kebiasaannya.
- Ikatan kelompok
Dalam hal ini, jika ikatan yang terbentuk
dalam suatu kelompok terbina dengan baik, maka komunikasi akan lebih efektif.
- Harapan
Harapan menjadi salah satu faktor dari
komunikasi karena jika pesan yang dibawakan tidak sesuai dengan harapan
penerima pesan, maka pesan akan susah untuk diterima.
- Pendidikan
beritagar.com |
Pendidikan merupakan hal penting dalam
menyikapi suatu pesan yang disampaikan. Perbedaan latar belakang Pendidikan
dapat menjadi kendala dalam komunikasi karena akan terjadi perbedaan sudut
pandang terhadap isi pesan yang disampaikan.
- Situasi
Situasi atau kondisi lingkungan akan mempengaruhi
perilaku dan psikologi seseorang.
Selanjutnya, komunikasi dapat berjalan ketika unsur-unsur
komunikasi dapat terpenuhi. Unsur tersebut antara lain:
- Komunikator, adalah adalah orang yang mengirim pesan atau sumber dari pesan.
- Komunikan, adalah penerima pesan untuk dipahami, terjemahkan, dan memberi respon terhadap pesan tersebut.
- Media, adalah sarana dari komunikasi yang dapat berupa bahasa verbal maupun nonverbal.
- Pesan, adalah isi dari komunikasi, atau hal yang disampaikan komunikator kepada komunikan.
- Tanggapan, adalah dampak atau respon atas penerimaan pesan oleh komunikan.
Dengan memperhatikan faktor dan unsur komunikasi tersebut, dapat
terbangun suatu komunikasi yang efektif, dimana syarat suatu komunikasi
dikatakan efektif apabila:
Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksudkan oleh pengirimnya, sehingga pesan tersebut dapat ditindaklanjuti sesuai tujuannya tanpa ada hambatan yang berarti.
Selain itu, pada posisi sebagai komunikator, kita perlu
memperhatikan hukum dalam berkomunikasi efektif atau dikenal dengan REACH yang
merupakan kepanjangan dari:
Respect, yaitu rasa hormat atau menghargai
Emphaty, yaitu menempatkan diri pada situasi atau kondisi
lawan bicara
Audible, yaitu menyampaikan pesan yang didengar dan
dimengerti dengan baik
Clarity, yaitu pesan yang jelas
Humble, yaitu rendah diri
Mempelajari cara berkomunikasi yang efektif merupakan suatu
hal yang wajib kita lakukan karena tidak ada satupun manusia yang dapat hidup
tanpa berkomunikasi. Dengan komunikasi yang efektif, masalah-masalah yang biasa
muncul berhubungan dengan komunikasi dapat dikurangi dan hubungan kita dengan
orang lain dapat lebih baik.
dictio.id |
Sebagai penutup, silahkan diakses artikel lain yang dapat
menunjang pemahaman kita terhadap komunikasi efektif telah saya tulis pada
artikel-artikel sebelumnya.
Mungkin sekian artikel kali ini, semoga artikel ini menjadi
media yang baik dalam menyampaikan informasi tentang komunikasi efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar