Halaman

Jumat, 02 Agustus 2019

Komunikasi Efektif

inimahsumedang.com

Sebagai makhluk sosial, kita kerap kali dihadapkan masalah dalam melakukan interaksi kepada orang lain, atau dapat dikatakan melakukan proses komunikasi. Harapan kita untuk menyampaikan informasi, melakukan ajakan, atau memberikan perintah kepada orang lain terkadang disalah artikan dan bahkan tidak tersampaikan dengan baik. Alhasil terjadi lah yang kita kenal dengan istilah “miss komunikasi”, yang ujungnya adalah tidak tercapainya tujuan komunikasi kita.

david-pranata.com
Oleh karenanya, pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai komunikasi efektif agar masalah tersebut dapat dikurangi

Sebelumnya kita perlu tau dulu tentang dasar-dasar dari komunikasi.

Yang pertama, apa sebenarnya yang dimaksud dengan komunikasi.
Komunikasi menurut KBBI adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Menurut para ahli:
  • Everett, komunikasi yaitu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
  • Rogers, Komunikasi adalah proses dimana dua atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya saling mengerti.
  • Shannon, komunikasi merupakan bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, baik disengaja maupun tidak.

Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses interaksi antara 2 orang atau lebih untuk menyampaikan suatu pesan
Jika diberi tambahan kata efektif yang berarti memberi efek atau memberi hasil yang diinginkan, maka,
komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan pesan yang dapat dimengerti kedua belah pihak yang saling berkomunikasi, kemudian pesan dapat menjadi informasi, memberikan petunjuk, maupun berupa perintah untuk dilaksanakan sesuai dengan tujuan pesan tersebut.
Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif, perlu diketahui faktor dan unsur yang mempengaruhi komunikasi, sehingga kita dapat menyesuaikan cara kita untuk memulai komunikasi dengan orang lain.

Faktor yang mempengaruhi komunikasi:
  • Latar belakang budaya

lautanilmu77.blogspot.com
Budaya atau kebiasaan dari pelaku komunikasi menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Jika antara pemberi pesan dan penerima pesan memiliki latar belakang budaya yang sama, maka mereka akan lebih mudah untuk saling mengerti terhadap pesan yang disampaikan. Hal ini dapat terjadi karena pola pikir seseorang dalam menginterpretasi suatu pesan dapat terbentuk dari kebiasaannya.
  • Ikatan kelompok

Dalam hal ini, jika ikatan yang terbentuk dalam suatu kelompok terbina dengan baik, maka komunikasi akan lebih efektif.
  • Harapan

Harapan menjadi salah satu faktor dari komunikasi karena jika pesan yang dibawakan tidak sesuai dengan harapan penerima pesan, maka pesan akan susah untuk diterima.
  • Pendidikan

beritagar.com
Pendidikan merupakan hal penting dalam menyikapi suatu pesan yang disampaikan. Perbedaan latar belakang Pendidikan dapat menjadi kendala dalam komunikasi karena akan terjadi perbedaan sudut pandang terhadap isi pesan yang disampaikan.
  • Situasi

Situasi atau kondisi lingkungan akan mempengaruhi perilaku dan psikologi seseorang.

Selanjutnya, komunikasi dapat berjalan ketika unsur-unsur komunikasi dapat terpenuhi. Unsur tersebut antara lain:
  • Komunikator, adalah adalah orang yang mengirim pesan atau sumber dari pesan.
  • Komunikan, adalah penerima pesan untuk dipahami, terjemahkan, dan memberi respon terhadap pesan tersebut.
  • Media, adalah sarana dari komunikasi yang dapat berupa bahasa verbal maupun nonverbal.
  • Pesan, adalah isi dari komunikasi, atau hal yang disampaikan komunikator kepada komunikan.
  • Tanggapan, adalah dampak atau respon atas penerimaan pesan oleh komunikan.

Dengan memperhatikan faktor dan unsur komunikasi tersebut, dapat terbangun suatu komunikasi yang efektif, dimana syarat suatu komunikasi dikatakan efektif apabila:
Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksudkan oleh pengirimnya, sehingga pesan tersebut dapat ditindaklanjuti sesuai tujuannya tanpa ada hambatan yang berarti.
Selain itu, pada posisi sebagai komunikator, kita perlu memperhatikan hukum dalam berkomunikasi efektif atau dikenal dengan REACH yang merupakan kepanjangan dari:

Respect, yaitu rasa hormat atau menghargai
Emphaty, yaitu menempatkan diri pada situasi atau kondisi lawan bicara
Audible, yaitu menyampaikan pesan yang didengar dan dimengerti dengan baik
Clarity, yaitu pesan yang jelas
Humble, yaitu rendah diri

Mempelajari cara berkomunikasi yang efektif merupakan suatu hal yang wajib kita lakukan karena tidak ada satupun manusia yang dapat hidup tanpa berkomunikasi. Dengan komunikasi yang efektif, masalah-masalah yang biasa muncul berhubungan dengan komunikasi dapat dikurangi dan hubungan kita dengan orang lain dapat lebih baik.
dictio.id
Sebagai penutup, silahkan diakses artikel lain yang dapat menunjang pemahaman kita terhadap komunikasi efektif telah saya tulis pada artikel-artikel sebelumnya.


Mungkin sekian artikel kali ini, semoga artikel ini menjadi media yang baik dalam menyampaikan informasi tentang komunikasi efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar